Selasa, 13 Maret 2012

Bagaimana cara membedakan senar gitar yang asli dan yang palsu

Mungkin temen2 ada yang pernah mengalami membeli senar merk tertentu dan ketika mencobanya ternyata suaranya sama sekali nggak enak, dibending juga keras. Paling aman memang membeli senar yang disegel satu set seperti dean markley blues steel, d'adario xl, deelel... senar2 tersebut cenderung asli karena sudah disegel dari pabriknya dan ngga bisa dibuka sebelon dibeli, namun ada beberapa senar lainnya seperti fender, ernie ball (EB) itu casenya tidak disegel. Beberapa memang ada yang menggunakan cap hologram seperti EB yang menggunakan hologram BNG namun ini tidak menjamin. Cara yang paling baik menurut gw jika membeli senar model open pack begini adalah dengan cara membukanya. Coba buka senar nomer 1, buka gulungannya, kalau senar itu langsung meregang lurus ketika kita buka maka senar tersebut cenderung asli, tetapi kalo meninggalkan bekas lekukan dari gulungan tadi berarti senar itu palsu.

Cobalah terutama pada senar 1, 2 dan 3, dari sini aja kita sudah tau senar itu asli apa palsu. Ini bukan satu2nya cara untuk mengenali senar asli dan palsu, ada berbagai macam cara. Tetapi saya menganggap cari ini adalah cara yang paling mudah dan efektif buat saya.

Tidak ada komentar: